Saturday, September 7, 2013

Akun Buyer eBay Pun Bisa Digunakan Untuk Meraup Untung

Mungkin ada dari Anda yang berpikiran bahwa untuk meraup untung dan mendapatkan uang dari eBay adalah dengan berjualan di sana. Dan dengan berjualan berarti harus mengupgrade akun buyer anda menjadi akun seller. Sehingga rame-ramelah dibuat akun seller, padahal menjadi seller di eBay saat ini begitu ketat peraturannya dan butuh kesabaran ekstra tinggi dan komunikasi yang baik dengan eBay. Di sisi lain tanpa bercape cape atau bersusah payah menjadi seller, Anda sebenarnya bisa memanfaatkan akun buyer Anda dengan cara membeli barang-barang yang banyak dicari oleh orang yang kebetulan tidak begitu banyak dijual di Indonesia, namun prospeknya kian menggeliat.

Ada banyak barang yang dijual di eBay namun tak begitu banyak di Indonesia. Contoh pada artikel ini adalah kit Arduino Uno ** (Tanda bintang merupakan salah satu tipe arduino, sengaja tidak dicantumkan karena tak ingin mematikan sebuah toko online mikrokontroler di Indonesia), saya mengambil sampel ini tidak berdasarkan analisa pasar dan lainnya. Namun coba membandingkannya dengan harga sebuah pasaran online di Indonesia.
Berikut ini screen shot kit tersebut di sebuah toko online Indonesia:
Gambar 1. Harga kit Arduino Uno ** Rp.365.000,00


Lalu Bagaimana dengan screen shot di eBay. Saya akan mengambil salah satunya yang bertipe fixed price dari seorang top seller eBay dengan lokasi barang di Hong Kong. Berikut screen shot-nya:
Gambar 2. Harga Arduino UNO ** di Ebay Rp. 138.000,00
Dari dua gambar di atas Anda akan mendapatkan gambaran berapa selisih harga antara di Indonesia dengan di eBay. Dan kit ini jarang dijumpai di Indonesia dan penggunanyapun terbatas karena biasanya digunakan oleh anak-anak S1 Teknik Elektro atau D3 Teknik Elektro untuk keperluan tugas akhir mereka. Banyak barang lainnya yang sebenarnya lebih murah di eBay daripada di Indonesia, namun saya kira satu contoh itu saja sudah cukup. Namun ada kelemahannya jika impor barang atau beli barang di eBay. Pertama, tentu saja lebih lama pengirimannya, sekitar 15-30 hari, dan ada pajak jika harga di atas $50.
Kesimpulannya, akun buyer bisa digunakan untuk meraup untung dengan cara membeli barang di eBay yang kira-kira unik dan prospek di Indonesia lalu dijual dengan harga mahal di Indonesia. Jadi, walaupun anda tak perlu jadi seller di eBay, namun ya harus jualan juga di Indonesia. Itulah jual beli. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Terima kasih. Oya, jika belum buat akun buyer ebay, bisa dilihat di artikel saya sebelumnya di link Cara Membuat Akun buyer eBay.

5 comments:

rosasiva said...

trims ilmunya . saya baru akan memulai bisnis di ebay. (:

Unknown said...

Sama-sama. Terima Kasih atas kunjungannya.

gannet said...

sangat menginspirasi kang...
makasih dah share ilmunya
ane mau hunting cari peluang disana
bagaimana pun berdagang adalah jalan paling mudah untuk sukses seperti yang Rasul sunnahkan

Unknown said...

@Gannet: Sip, teruskan gan. Yang penting halal, biar barokah walau sedikit. Semoga usaha kita diridhoi oleh Allah gan.

Anonymous said...

Amin....