Friday, February 6, 2015

Ngintip Seller/Penjual Indonesia Menjual Kaos Buatan Indonesia di eBay

Ketika pada tulisan-tulisan terdahulu saya senantiasa menulis tentang dropship kaos luar negeri yaitu Fyves, Artsnow, atau Udidu pada kali ini saya akan mencoba untuk mereview seorang penjual kaos dari Indonesia di eBay, dan jika memang yang tertulis di item location pada listing beliau benar, maka berarti selama ini beliau memang menjual barang dari Indonesia. Sebelumnya saya ingin sampaikan bahwa yang saya review ini saya tidak mengenalnya sama sekali, bukan teman dan saudara, ini dikarenakan cuma karena saya hobi "blusukan" di eBay dengan harapan ada inspirasi untuk menulis di blog ini. Yah itulah alasan saya mereview. Insyaa Allah dalam tulisan kali ini saya tidak memberitahu kepada pembaca siapa dia, dan beberapa saya sembunyikan karena menurut saya tidak penting.

Ok, secara ringkas beliau bergabung sejak tanggal 25 Mei 2014 atau sudah sekitar delapan bulan beliau gabung bersama eBay, namun saat ini dia sudah memiliki feedback 55, namun dari sisi persentase feedback beliau termasuk rendah yaitu 92.3%. Persentase ini termasuk rendah karena untuk menjadi PowerSeller atau Top Rated Seller paling tidak persentase harus lebih dari 98%. Saya menduga kuat dia mengalami masalah di pengiriman pada bulan Desember 2014 - Januari 2015 kemarin. Perhatikan screenshot berikut:
Tiga Masalah berkaitan dengan Pengiriman Waktu "During Past Month"
Tiga Masalah berkaitan dengan Pengiriman Waktu "During Past Month"
Pelajaran bagi Anda sekalian yang menggunakan produk lokal dari Indonesia entah kaos atau selain kaos, Desember sampai Januari adalah periode paling sibuk dalam pengiriman ke luar negeri atau ke dalam negeri. Inilah waktu paling riskan untuk berjual beli secara online dengan orang luar negeri baik di eBay maupun bukan. Mengapa? Karena itu waktu orang banyak yang membeli hadiah atau aneka pernak pernik Natal dan Tahun Baru. Siap-siap saja mendapat "bata merah" ketika Anda bertransaksi pada bulan ini.
Ok, kembali lagi ke sang penjual kaos, ini sedikit screen shot mengenai dia.
Halaman Profil Seller Asal Medan
Halaman Profil Seller Asal Medan
Sekilas saya jelaskan, Positive Feedback 69, negative feedback 5. Rating lumayanlah rata-rata lebih dari 4, namun tetap bahaya jika mengincar posisi PowerSeller atau Top Rated Seller.

Barang Yang Dijual
Berikut ini saya ambilkan satu contoh barang yang dijual oleh beliau.
Salah Satu Kaos yang Dijual Beliau (Sumber: eBay.com)
Produk di atas jelas sebuah kaos hitam, t-shirt O-neck dengan gambar yang sederhana. Membuat gambar seperti di atas relatif mudah hanya tinggal ambil di banyak website terus hilangkan background-nya dengan photoshop, selesai. Namun perhatikan harga dan peminatnya seperti pada screenshot di bawah ini.
Keterangan Singkat Kaos
Keterangan Singkat Kaos
Harga US $19.98 atau Rp252911,39, ongkos kirim yang disetting $12.85 atau Rp162658,23 dengan pengiriman surat internasional perhatikan Item location: Medan, Sumatera Utara, Indonesia. Yang terjual sudah ada 4 buah, 2 terjual di bulan Desember 2014 dan 2 lagi di bulan Januari 2015 (dari mana taunya ya saya klik link yang 4 sold itu). Padahal harga di Indonesia amatlah murah, saya ambil contoh di salah satu website Jasa Sablon DTG di Indonesia.
Daftar Harga Kaos Kualitas Terbaik di Indonesia
Daftar Harga Kaos Kualitas Terbaik di Indonesia
Jadi, kira-kira berapa keuntungan yang bisa diperoleh jika diasumsikan biaya ongkos kirim Rp100000,00 (baca artikel saya Cek Ongkos Kirim dari Indonesia ke Luar Negeri) dan untuk bayar eBay serta Paypal Rp50000,00. Sementara total yang dibayar oleh pembeli kaosnya di eBay adalah Rp415569,62. Berarti keuntungan sekitar Rp200000,00. Kalo bagi saya untung satu kaos bisa untuk makan 3 hari, he..he..he. Sementara itu saja ya artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

No comments: