Saturday, January 31, 2015

Cara Mencari ketika Belanja Barang di eBay (Contoh Baterai NP-BX1)

Pernahkah Anda kesusahan mencari barang tertentu di kota atau daerah yang Anda tinggali? Ya, untuk barang tertentu dan tidak untuk barang yang lain. Mungkin jika barang tersebut sudah menjadi produk khas kota atau daerah Anda maka jelas akan mudah mendapatkannya, sebagai contoh jika mencari getuk goreng maka bagi orang yang hidup di daerah Sokaraja, Banyumas tentu akan mudah menemukannya dikarenakan memang sudah menjadi ciri khas di daerah tersebut terkenal dengan getuk goreng Haji Tohirin, demikian juga dengan empek-empek maka di daerah Palembang gampang mendapatkannya. Atau produk tersebut juga mudah didapat karena memang sudah bertaraf nasional, pasaran, atau bahkan internasional sehingga di mana-manapun ada seperti baterai ABC ukuran AA yang biasa digunakan untuk jam dinding atau mainan anak, maka dengan mudah bagi kita mendapatkannya.

Namun apa jadinya jika barang tersebut adalah barang yang sulit untuk didapat di daerah sendiri sebagai contoh adalah baterai NP-BX1 untuk handycam sony CX240E maka jika Anda hidup di daerah pedalaman atau kota kecil maka sulit untuk mendapatkannya, bahkan di Indonesia sekalipun stoknya sangat terbatas, namun jika Anda mengunjungi eBay, maka banyak sekali baterai tersebut dari yang original Sony maupun yang bukan ada di sana. Tentu saja yang sony sedikit lebih mahal daripada yang bukan. Dan di eBay Anda juga bisa milih seller manapun baik yang top rated seller ataupun yang bukan. (Catatan : Saran saya untuk produk seperti ini cari dulu di Indonesia karena saat ini rupiah sedang lemah, jika tidak ada baru beli di eBay, namun sebaliknya jika kelak rupiah kuat maka saran saya beli di eBay dulu daripada di Indonesia karena harganya lebih murah).
Yah keterkendala tidak adanya barang di Indonesia memang merupakan salah satu penyebab orang membeli barang di eBay. Lalu apa saja yang harus disiapkan dan cara belanja barang di eBay dengan cara praktis dan aman?
Pertama, untuk bisa membeli barang di eBay, Anda harus mempunyai akun Paypal dengan mendaftarnya di www.paypal.com. Mengapa? Karena akun ini bisa dianggap seperti halnya nomor rekening bank anda secara internasional, Anda bisa mentransfer, menerima, dan mencairkan dollar dengan mudah dengan Paypal ini. Yang harus anda miliki pertama kali adalah Anda harus memiliki Paypal Balance atau dollar di Paypal dengan membelinya kepada orang yang menjual paypal balance. Proses pembeliannya, Anda mentransfer sejumlah uang kepada orang/perusahaan tersebut dalam bentuk rupiah kemudian orang tersebut mengirim sejumlah dollar ke dalam akun paypal Anda sebesar jumlah rupiah yang Anda bayarkan.
Kedua, untuk membeli di eBay maka Anda harus memiliki akun Buyer atau pembeli dengan mendaftar di https://reg.ebay.com/reg/PartialReg?_trksid=m570.l2621 . Sebaiknya email yang digunakan untuk akun Paypal sama dengan akun yang digunakan untuk membuat akun eBay. Silakan buka artikel saya Cara Membuat Akun Buyer di Ebay.
Lalu Bagaimana caranya pencarian dalam proses membeli  barang di situs jual beli online terbesar di internasional ini? Berikut langkahnya:
Pertama, Anda harus login dulu ke eBay. Link loginnya https://signin.ebay.com/ws/eBayISAPI.dll?SignIn&_trksid=m570.l1524
Kedua, carilah barang yang ingin anda beli pada kotak pencarian eBay. Lihat screenshot berikut ini:
pencarian pembelian barang di ebay
Gambar Pencarian keyword di mesin pencari eBay

Silakan klik Search (Lihat tombol yang diberi panah merah), barang yang dicari adalah b np-bx1 battery atau baterai yang cocok untuk produk sony baik kamera maupun handycam, sebagai contoh adalah handycam sony HDR-CX240E.
Kedua, ketika Anda mengklik search maka akan ditampilkan begitu banyak listing barang yang bisa Anda pilih, baik yang murah maupun mahal, original dari sony ataupun bukan. Contoh listing dapat dilihat di screenshot berikut ini:
np-bx1 original sony
Sebuah Listing Baterai np-bx1 original dari Sony
Gambar di atas adalah baterai original Sony, sedangkan yang imitasi atau bukan produk Sony adalah seperti di bawah ini:
baterai np-bx1 imitasi
Sebuah Listing Baterai np-bx1 non original alias imitasi
Harga kedua baterai tersebut jauh selisihnya ya? Ya, namanya juga original dan imitasi. Harga yang original hampir dua kali yang imitasi per buahnya. Namun listing yang pertama ada bonusnya yaitu charger yang tentu saja sangat membantu proses charging baterai anda.

Demikian penjelasan mengenai cara mencari barang dalam belanja di eBay. Semoga membantu Anda yang masih pemula dalam membeli barang di eBay. Terima kasih atas perhatian pembaca sekalian.

No comments: