Tuesday, October 14, 2014

Pengaruh Melemahnya Rupiah Terhadap Dollar Bagi Ebayer Pemula

Kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat saat ini sedang terus melemah, dan dari informasi terkini, satu dollar amerika sudah menembus level 12 ribu rupiah. Banyak yang kemudian mengaitkan melemahnya nilai tukar ini dengan kondisi politik Indonesia yang tidak stabil, dimana terdapat perseteruan antara Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang dipimpin oleh PDIP dengan Koalisi Merah Putih (KMP) yang dipimpin oleh Gerindra. Ada juga yang mengatakan bahwa turunnya nilai rupiah juga karena ketidakpastian kenaikan harga BBM, walaupun dari berita terakhir konon pemerintahan baru Jokowi-JK akan menaikkannya pada bulan November 2014, apapun itu sebenarnya begitu banyak alasan yang bisa disampaikan mengenai melemahnya rupiah ini.

Namun, yang pasti dampaknya begitu terlihat dengan meroketnya barang impor baik yang bersifat mentah, setengah jadi maupun yang sudah siap konsumsi (jadi). Dengan harga dalam dollar yang sama, rakyat terpaksa merogoh koceknya lebih dalam untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Ambilah contoh handphone yang harganya tetap namun karena rupiah melemah maka uang yang dikeluarkan semakin banyak, padahal di satu sisi gaji atau pendapatan rakyat tidaklah meningkat. Termasuk juga para ebayer pemula yang hendak memulai bisnisnya dengan metode dropship, maka ada hal-hal yang tentu saja tidak mengenakkan untuk memulai bisnis.
Pertama, Butuh uang lebih banyak Untuk beli dollar Paypal.
Untuk bertransaksi amat dibutuhkan dollar segar di akun Paypal kita, karena untuk membeli kaos dari supplier saya ambil contoh Artsnow, maka kita wajib membayarnya dengan Paypal. Jika rupiah melemah, maka otomatis harga dollar di Paypal juga semakin mahal, biasanya berkisar 200 - 500 rupiah dari currency converter (kalkulator kurs) Paypal. Apakah berbeda dengan kurs yang lain? Ya berbeda. Di waktu yang sama nilai kurs di bank berbeda dengan western union maupun paypal. Saya akan ambil contoh perbandingan western union dengan Paypal.
1 USD = 12163 IDR (Western Union)
1 USD = 11841.7 IDR (Paypal)
Dari dua gambar di atas terlihat perbedaan nilai kurs antara western union dengan Paypal, nah bagi ebayer pemula, western union mungkin tidak begitu familiar namun untuk Paypal wajib tau. Jika dollar di paypal sekarang bernilai Rp 11.841,00 maka seorang eBayer harus menyediakan lebih dari Rp. 12.000,00 untuk membeli dollar segar dari para pengepul dollar Paypal. Oleh karena itu modal yang dibutuhkan di awal bisnis Andapun semakin meningkat.
Kedua, eBay selling Fees semakin mahal.
Sebenarnya kronologinya atau alur ceritanya hampir sama dengan penjelasan di point pertama yaitu eBay tidak menaikkan selling fees-nya, namun karena rupiah melemah kita butuh uang lebih banyak untuk membayar selling fees eBay. Namun pembayaran selling fees ini masih ada jeda yaitu sekitar pertengahan bulan pada bulan berikutnya, jadi peluang menguatnya kembali rupiah mungkin saja terjadi, tak seperti ketika harus bayar ke supplier, harus bayar cash saat terjadi transaksi di eBay.
Ketiga, Paypal Fees Meningkat.
Ingat, masih ada lagi komponen biaya yang harus diperhatikan oleh eBayer Pemula yaitu Paypal Fees atau fee untuk Paypal jika terjadi transaksi, karena dibayarnya juga dengan dollar maka secara otomatis rupiah yang dikeluarkan juga semakin banyak.
Inilah sedikit uraian saya mengenai dampak atau pengaruh melemahnya rupiah terhadap ebayer pemula. Jadi, karena kita berbicara transaksi internasional, tak akan lepas dari masalah naik turunnya kurs rupiah terhadap dollar. Ilmu kurs ini wajib diketahui jika Anda ingin menjalani bisnis internasional di eBay.

No comments: