Monday, May 6, 2013

Perbedaan Akun Buyer dengan Akun Seller eBay

Seorang ebayer pemula terlebih dahulu harus memahami perbedaan akun buyer dengan akun seller, hal ini dikarenakan terkadang muncul persepsi bahwa ketika seorang telah mendaftar akun di eBay maka secara otomatis dia bisa berjualan padahal tidak demikian. Pada dasarnya, seorang untuk bisa berjualan tak hanya butuh sekali daftar saja, namun dia perlu beberapa tahapan sehingga dia bisa menyandang sebagai seorang seller atau penjual.

Ya, karena ebay membagi akun para membernya menjadi dua yaitu akun buyer dan akun seller, dan tentu saja akun seller jauh lebih komplet daripada akun buyer. Setiap seller pasti bisa membeli di eBay disamping tentu saja dia bisa menjual barang, namun untuk buyer mereka terbatas hanya membeli saja dan tak dapat menjual apapun di eBay. Dari sinilah kemudian dapat dipahami bahwa seorang ebayer pemula yang ingin menjadi seorang seller maka dia wajib untuk menjadi buyer terlebih dahulu.
Mungkin ada pertanyaan, apakah seorang ebayer pemula yang ingin menjadi seller harus melakukan transaksi terlebih dahulu setelah dia membuat akun buyer baru kemudian membuat akun seller, maka jawabannya adalah tidak harus. Seorang ebayer boleh langsung mendaftar menjadi seorang seller sesaat setelah dia membuka akun buyer tanpa melakukan transaksi terlebih dahulu. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bahwa untuk menjadi seorang seller eBay maka paling tidak anda harus sediakan dua buah VCC (Virtual Credit Card) untuk pendaftaran akun buyer dan kemudian pendaftaran akun seller. Ini dengan asumsi bahwa anda sudah memiliki paypal verified (sudah terverifikasi), namun jika anda belum memilikinya maka anda harus membeli tiga VCC yaitu untuk verifikasi akun paypal juga. Modalnya lumayan, kalau satu VCC saja seharga Rp80.000,00 maka siapkan uang sekitar Rp240.000,00 untuk verifikasi paypal dan ebay.
Saya ulangi lagi kurang lebihnya menjadi seperti berikut:
1. Buat akun paypal (butuh 1 VCC)
2. Buat akun ebay buyer (butuh 1 VCC)
3. Buat akun ebay seller (butuh 1 VCC)
Itulah sedikit perbedaan akun buyer dengan seller. Intinya adalah "Setiap seller ebay pasti punya akun buyer, tapi tak setiap buyer memiliki akun seller". Semoga bermanfaat.


No comments: