Saturday, February 16, 2013

Wow, Ternyata Indomie Juga Laku dijual di Ebay !

Pada posting kali ini saya tak ingin menyuguhkan sebuah konsep, teknik atau tata cara untuk bisa sukses di eBay, namun kali ini saya akan sedikit intermezo, untuk sedikit memberikan gambaran apa saja yang dijual di eBay. Sebuah fakta yang menarik adalah ternyata Indomie juga dijual di eBay lho. Ya, sebuah produk dalam negeri ini ternyata cukup diminati untuk dijual ke luar negeri. Ketika saya ketikan keyword atau kata kunci "Indomie" di kotak pencarian eBay, ternyata ada sekitar 26 listing aktif, dan uniknya lagi ternyata yang jualan adalah orang-orang yang tak hanya dari Indonesia saja tetapi juga dari negara lain, seperti Amerika Serikat, Thailand, Hong Kong maupun Malaysia.
Nah, sengaja tulisan ini saya buat agar ada gambaran di benak anda tentang apa saja produk yang dijual ke luar negeri oleh para penjual di negeri ini. Ok, awalnya perlu kita ketahui bahwa harga indomie di Indonesia 30 pak adalah 40 ribu rupiah atau jika dikurskan ke dollar amerika maka sekitar $4 atau maksimal $5. Berapakah dijual di eBay?. Penjual dari Amerika Serikat menjualnya $16.75 dengan ongkos kirim $67.65 ke seluruh dunia. Orang Jogja, Indonesia jualan untuk 20 pak $14.99 dengan ongkos kirim $44.99 untuk seluruh dunia, sementara untuk orang Malaysia, Hong Kong, dan Thailand tak saya sebutkan, karena jika Anda mengetikkan kata kunci "Indomie" dan terlihat banyak listing di situ lalu anda klik satu per satu maka akan terlihat dan terpampang dengan jelas berapa harga dan ongkos kirimnya.
Mungkin ada pertanyaan, apakah laku jualan indomie seperti itu? Jawabannya LAKU untuk penjual dari Hong Kong, Malaysia dan Amerika serikat. Contoh yang laku dari Hong Kong bisa dilihat di link ini http://offer.ebay.com/ws/eBayISAPI.dll?ViewBidsLogin&_trksid=p2047675.l2564&rt=nc&item=140697767940, di situ tertulis harga satuan $1.5 dengan ongkos kirim $4.99. Perlu diketahui bahwa ongkos kirim dari Hong Kong ke luar negeri adalah free shipping (bebas ongkos kirim) untuk barang ringan dengan Regular Airmail, dan jika seperti ini berarti keuntungan yang diraih oleh si penjual tersebut, saya prediksikan sekitar $4.99, untuk satu buah mie goreng lho.
Untuk Indonesia, saya cukup optimis bahwa produk ini laku, namun perlu adanya regulasi pengiriman barang yang bagus, jika di Hong Kong ada istilah free shipping, itu karena pemerintah di sana memang ingin rakyatnya bisa berjualan dan mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan ke luar negeri, namun di Indonesia karena pos indonesia yang sudah menjadi Perseroan Terbatas maka agak kesulitan untuk memberikan harga kirim murah, sehingga daya saing ekspor memang agak tersendat. Beda dengan China, Malaysia dan Hong Kong, dengan ongkos kirim yang murah maka rakyat mereka bisa mereguk keuntungan dari berjualan ke luar negeri.
Itu sedikit hiburan dari saya, semoga membuka cakrawala berjualan Anda. Terima Kasih.

4 comments:

heriyatno said...

ternyata indomi keren jg yach
opini

saripmoh said...

mantap gan thanks bgt

saripmoh said...

mantap gan thanks bgt

bronanda said...

info bagus mas.....