Monday, September 14, 2015

Proses Tracking Pengiriman Barang Dari Tiongkok/China Ke Indonesia Tipe Registered Airmail

Begitu lama saya tidak update blog ini, dan begitu banyak hutang artikel yang belum saya tulis. Seringkali ketika hutang belum terbayar malah membuat artikel lain. Mohon dimaklumi ya pembaca, sebagai seorang PNS tentu pekerjaan utamanya ya PNS sedangkan ngeblog adalah sampingan sambil tentu saja berharap mendapatkan pahala dari Allah SWT dengan coba berbagi mengenai jualan online. Sebab ilmu berjualan online menurut saya boleh-boleh saja dipelajari, sedangkan jika dengan ilmu ini pembaca menjual barang yang menurut fiqih Islam adalah haram, maka bukan tanggung jawab saya, alias ditanggung panjenengan sendiri. Jadi pengetahuan yang saya bagikan di sini adalah ilmu umum saja, bukan ilmu yang njlimet. Salah satu yang hendak saya bagi pada tulisan kali ini adalah. Pengalaman saya dalam import barang wabil khusus jam tangan dari sebuah toko online yang menjual barang-barang made in China atau Tiongkok. Barangkali ini bermanfaat bagi pembaca sekalian yang hendak membeli barang dari cina tersebut.

Barang dari china biasanya dikirim dengan atau tanpa tracking number.  Dan salah satu metode pengiriman dengan menggunakan tracking number adalah Registered Airmail. Bila anda membeli dari china atau tiongkok biasanya ada embel-embel di depannya China Registered Airmail, atau kadang juga menggunakan jasa singapore airline, sehingga menjadi Singapore Registered Airmail. Dan pasti jika berbunyi registered akan ada tracking number yang memungkinkan Anda mengecek dimana barang Anda berada. Hal ini berbeda dengan jika kiriman menggunakan airmail biasa tanpa tracking number atau disebut Regular Airmail, maka anda tidak akan pernah bisa mengeceknya. Jadi wajar jika Registered Airmail lebih mahal dari Regular Airmail, ada tambahan $1.5 - $2 jika ingin menggunakan Registered Airmail ini.
Ok, langsung saja saya sebutkan kisahnya. Pada tanggal 28 Juli 2015 saya order jam tangan dari sebuah toko online China.
Berikut penampakan screen shot order page jam tangan yang saya beli:
Dua macam Jam Tangan Yang Saya beli
Ada sebuah jam tangan merek Jaragar dan enam buah jam tangan tak bermerek dengan bandul daun. Dikirim dengan menggunakan Registered Airmail. Artinya ada tracking number sehingga bisa dilacak dengan website-website pelacak yang sudah ditentukan. Berikut screen shot halaman detail metode pengiriman
Detail Pengiriman dan Tracking Number RF-SG
Barang dimasukkan ke kantor pos di Cina pada tanggal 4 Agustus 2015, dengan metode pengiriman Registered Airmail Singapore. Disertai pula dimana saya bisa track nomor resinya.
Kemudian saya track nomor resi (tracking number) di http://www.singpost.com, berikut tampilannya:
Tampilan Hasil Pelacakan di Singpost.com
sedangkan hasil tracking di situs posindonesia.co.id adalah berikut ini:
Tampilan Tracking di Pos Indonesia
Dari proses tracking barang dengan menggunakan tipe pengiriman Registered Airmail di atas terlihat bahwa waktu yang dibutuhkan dengan menggunakan tracking number adalah sekitar 19 hari yaitu masuk tanggal 4 Agustus 2015 dan sampai di tangan saya tanggal 22 Agustus 2015. Namun ada yang tidak mengenakkan yaitu kena pajak hampir 100 ribu rupiah, sepertinya karena salah hitung karena dianggap harga yang tertera di amplop tidak wajar. Ya itu saja yang saya cukup menjengkelkan, tapi tak mengapalah dari situ ada pengalaman berharga yang bisa diambil. Pengalaman apakah itu? Semoga bisa saya post di tulisan berikutnya, kalau sempat dan tidak malas. In Syaa Allah. he..he..he.

No comments: