Tuesday, July 14, 2015

Tokopedia, Toko Online Lokal Yang Bener-Bener Lokal

Assalaamu'alaikum warahmatullah.
Sebelumnya saya minta maaf kepada para pembaca dan penggemar blog ebay pemula, karena lama sekali saya tidak update blog ini. Ya maklumlah, karena kesibukan lainnya seperti kerja dan buat toko online jadi blog ini agak terbengkalai. Pada tulisan kali ini saya akan membahas sedikit tentang Tokopedia sebuah toko online yang mirip dengan eBay tetapi mengambil pasar lokal Indonesia saja.

Tulisan ini terinspirasi dari hobi saya memantau toko online yang cukup besar yaitu Lazada dan yang cukup menarik adalah ternyata beberapa penjual di sana memasukkan produk dari luar negeri ke pembeli Indonesia, artinya adalah di Lazada penjual dapat menjual barang walaupun barang tersebut berada di luar negeri ke para pembeli di Indonesia. Berikut ini screenshotnya:
Notifikasi Lazada untuk Barang Yang Dikirim dari Luar Negeri


Nah, iseng-iseng sayapun coba mengecek apakah Tokopedia juga sama dengan Lazada. Maka saya kontak ke Tokopedia dan bertanya lewat tiket bantuan Tokopedia, berikut pertanyaan saya:
Bolehkah seorang seller atau penjual mengirim barang dari luar negeri dengan tracking number? Terima Kasih.
Lalu dari pihak Tokopedia menjawab seperti ini:
Pernyataan Bahwa Tokopedia Hanya Mendukung Transaksi Dalam Negeri
Nah kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa, jika ingin menjadi penjual importir atau dropship langsung dari luar negeri, maka mungkin Lazada agaknya cocok atau mendukung tetapi untuk toko online tertentu seperti Tokopedia, maka ini tidak berlaku. Di Tokopedia, jika anda ingin menjadi dropship maka barang tersebut harus ada di Indonesia tidak boleh ada di luar negeri meskipun jasa pengirimannya menyediakan tracking number.
Ok, itu aja yah tulisan singkat saya yang mungkin kurang powerful, terima kasih atas perhatian pembaca sekalian.
Wassalaamu'alaikum warahmatullah.

No comments: