Monday, April 6, 2015

Mempunyai Akun Ebay Lebih dari Satu Bolehkah ?

Mungkin pernah terbersit di pikiran kita, bahwa ingin sekali mempunyai banyak akun di eBay dengan harapan bisa menjual barang yang begitu banyak. Misalkan, kaos maka ingin agar kita bisa jualan banyak kaos dan terhindar dari limit atau batas maksimal yang kita jual di eBay. Kita juga berharap, jika satu akun seller terkena limit, maka menggunakan akun lainnya untuk menjual kaos yang lain, dan jika yang kedua terkena limit juga maka buat akun lain untuk jual kaos lagi, terus menerus seperti itu sehingga akun kita begitu banyak. Sehingga kita bisa menjual banyak kaos yang tentu saja peluang keuntungan semakin besar dibandingkan dengan hanya mempunyai satu akun, yang butuh waktu lama untuk sukses.

Pernahkah terpikir seperti itu, saya pribadi pernah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para seller ketika akan mengambil langkah ini, sebab jika salah langkah maka bisa berakibat fatal bagi akun Anda. Berikut informasi dari page eBay mengenai multiple account.
aturan ebay multiple accounts
Screenshot Aturan eBay Mengenai Multiple Account
Dari kebijakan eBay di atas secara jelas walaupun agak mengambang karena begitu diplomatisnya, eBay membolehkan seseorang mempunyai akun ebay lebih dari satu, namun tentunya dengan alasan yang diperbolehkan bukan alasan yang tidak diperbolehkan oleh eBay. Saya terjemahkan secara bebas gambar di atas, mohon dikoreksi jika salah karena bahasa Inggris saya juga tidak bagus, he..he..he.
(DIPERBOLEHKAN) User boleh memiliki banyak akun di eBay. Kami memahami bahwa terdapat banyak alasan mengapa seseorang ingin memiliki lebih dari satu akun. (TIDAK DIPERBOLEHKAN). Pendaftaran akun baru atau penggunaan akun yang sudah dipunyai untuk menghindari pelanggaran aturan pembelian atau penjualan atau limit atau konsekuensi kebijakan lainnya.
Yang bawah sendiri tidak saya terjemahkan, karena tidak penting menurut saya. Ok, jadi eBay memperbolehkan Anda memiliki akun lebih satu dengan catatan tidak dalam rangka melakukan pelanggaran terhadap aturan-aturan main eBay. Seperti misalkan Anda menjual t-shirt dengan model yang sama di semua akun, seperti jualan kaos BMW dengan logo, dan gambar yang sama di semua akun, maka bisa jadi menimbulkan kecurigaan eBay dan anda bisa ditanyai oleh eBay.
Konsekuensi lainnya jika Anda mempunyai banyak akun seller dengan satu paypal account pada media pembayaran semua akun tadi adalah. Jika ada masalah seperti suspend atau dibanned/ diblokir pada satu akun maka bisa mempengaruhi akun yang lainnya meskipun dalam kondisi sehat.
Itulah kerugian dan kelebihan memiliki akun eBay lebih dari satu, semakin besar untungnya, resiko juga semakin tinggi. Demikian semoga bermanfaat.


2 comments:

Ikhwanudin said...

Mas, saya ingin coba jualan ke luar negeri. sebelumnya "klak-klik" di ebay, mau nanya dulu. bagaimana kita memastikan barang terkirim ke alamat pembeli karena pasti ada proses customs. bagaimana kalau ternyata nyangkut di customs negara tujuan atau ada biaya import duty? terima kasih.

Unknown said...

Gunakan pengiriman yang ada tracking numbernya, atau tanyakan ke kantor pos pengiriman ke luar negeri untuk diberikan tracking number. Biasanya yang murah tipe Registered Airmail. Sehingga bisa terlacak di website-website tracking number internasional. Kalau udah nyampai pasti statusnya delivered. Kalau import duty, untuk mempermudah biasanya di listing disebutkan untuk import duty atau pajak di negara pembeli semuanya ditanggung pembeli bukan penjual (anda).