Tuesday, July 23, 2013

Tidak Menjual Terlalu Lama, Fatal Akibatnya Bagi Akun Seller Saya!

Banyak alasan untuk menonaktifkan (baca:tidak berjualan lagi) kaos dengan menggunakan sebuah akun seller eBay, dan salah satu alasan utama untuk tidak berjualan lagi adalah karena tak adanya modal sehingga otomatis tak bisa menalangi dulu pesanan dari pembeli. Namun, disadari atau tidak akibat yang ditimbulkan dari lama tak berjualan adalah fatal, karena lama kelamaan prosentase positive feedback kita akan melorot jika di akhir-akhir transaksi kita mendapatkan negative feedback.

Apa akibat fatal itu? Ya, salah satu yang paling ditakuti adalah limit item yang boleh dijual dan akhirnya anda akan menjadi orang yang mulai dari awal lagi. Akibatnya, anda hanya bisa menjual sedikit barang di eBay sehingga kuantitas barang yang dijual jadi sedikit dan otomatis peluang lakupun per hari akan semakin sedikit. Akibatnya, jika dipaksakan anda berlangganan di Udidu, itupun akan membawa anda kepada kerugian. Kalaupun dipaksakan anda tidak berlangganan di Udidu dan hanya menggunakan harga biasa bukan reseller, itupun bukan solusi, karena harganya $5 lebih mahal daripada harga reseller dengan rincian $2 lebih mahal untuk kaosnya dan tambahan $3 untuk ongkos kirim.
Berikut ini contohnya:


Dari kasus di atas telah terjual sebuah kaos dan saya hargai $11.50 dengan ongkos kirim $7.49. Total saya mendapatkan uang $18.99. Jika saya langganan di udidu maka Fee Paypal $1.04, Fee eBay yang dibebankan dari hasil penjualan dan biaya kirim $1.90, harga kaos $11.39. Maka keuntungan dari satu kaos $4.66 atau sekitar Rp.45.000,00. Ini dengan skenario saya berlangganan di Udidu, namun karena saya pikir kuantitas penjualan yang sedikit maka tak efisien jika saya harus berlangganan di Udidu. Namun karena tidak berlangganan maka perhitungan biayanya sama persis dengan di atas kecuali harga kaos menjadi $16.99, akibatnya saya rugi $0.94 per kaos. Akhirnya cara terakhir yang mungkin adalah meminta buyer untuk men-cancel transaksi ini dan Alhamdulillah buyerpun gak masalah karena memang uang saya kembalikan semua.
Ini karena memang saya salah dalam memprediksi kesehatan akun saya sehingga saat ini positive feedback saya hanya 94.7% padahal agar sehat positive feedback minimal adalah 98%. Akibatnya limit penjualanpun terjadi dan menjadikan strategi berlangganan di udidupun diurungkan.

No comments: