Thursday, June 20, 2013

Cara Mengubah Billing Currency atau Mata Uang Pembayaran Fee Ebay

Salah satu kesulitan bagi seorang seller atau penjual di eBay adalah bagaimana cara membayar fee eBay mereka. Tentu saja masalah ini muncul manakala memang ada fee tertentu yang harus dibayarkan oleh mereka. Memang kebanyakan fee ini muncul setelah para seller dagangannya terjual, sehingga konsekuensinya mereka harus membayar fee kepada eBay, namun jangan salah, DAGANGAN LAKU bukanlah satu-satunya penyebab anda harus membayar fee kepada eBay, karena eBay juga memiliki layanan lainnya yang Anda memang harus membayar ketika anda berlangganan contohnya adalah layanan eBay store ataupun listing fee untuk harga tertentu, maka terjual atau tidaknya barang anda maka anda tetap harus membayar fee eBay.

Nah, ketika Anda telah dibebani oleh fee pada akun Anda, maka mau tidak mau Anda harus membayar dan jika sampai kelamaan Anda tak membayar, maka siap-siap saja akun eBay anda akan disuspend dan kemudian tak diperbolehkan untuk berjualan lagi. Bagi seorang seller Indonesia, secara default ketika baru mendaftar maka mereka akan dibebankan fee dalam mata uang Dollar Singapura atau SGD dan tentu saja anda tak bisa membayar fee ini dengan menggunakan Paypal dan mau tidak mau anda harus membayarnya dengan VCC yang ada isinya atau VCC balance, dan tentu saja harganyapun lumayan mahal. Oleh karena itulah kemudian sebaiknya Anda mengubah billing currency ke USD sehingga Anda bisa membayarnya dengan Paypal. Berikut ini caranya:
1. Kunjungi link berikut ini https://arbd.ebay.com/ws/eBayISAPI.dll?SBCChooseCurrency
2. Loginlah jika belum login sehingga anda akan menjumpai halaman seperti di bawah ini:

Ubahlah currency Anda menjadi USD, kalau dari gambar di atas billing currency saya sudah USD sehingga tak perlu diubah lagi. Pilihannya ada tiga yaitu SGD, GBP, dan USD pilihlah USD, sehingga untuk selanjutnya Anda bisa membayarnya dengan menggunakan Paypal.
3. Klik Tombol Continue yang berwarna biru dan ikuti proses selanjutnya.
4. Selamat Billing currency anda sudah diubah menjadi USD.
Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin mengubah currency atau mata uang ini, yaitu:
1. Anda hanya bisa mengubah Billing Currency ini sekali dalam waktu 12 bulan.
2. Jika Anda mengubah billing currency ini, maka semua fee selanjutnya akan dibayar berdasarkan mata uang yang baru.
3. Jika fee yang lalu belum dibayar maka fee akan dibagi menjadi 2 bagian yaitu fee dengan mata uang lama dan fee dengan mata uang baru. Jika fee lama belum dibayar penuh maka akan berpotensi untuk disuspend.
4. Jika anda mengubah billing currency di pertengahan waktu pembayaran maka anda akan kehilangan beberapa diskon (khusus bagi Anda yang top rated seller).
Ok, itu saja sedikit informasi kali ini, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

No comments: