Thursday, December 27, 2012

Review Situs Dropship Kaos Fyves.com Untuk Ebay

Kepada pembaca blog Tips Ebay Bagi Pemula, sebagaimana yang telah lalu saya telah memenuhi janji menulis Review Situs Dropship Kaos Udidu.com Turunan Artsnow.com maka kali ini saya akan memenuhi janji kedua saya yaitu mereview sebuah situs dropship kaos yang cukup digandrungi oleh beberapa pebisnis kaos di eBay yaitu Fyves.com. Baik mari kita kupas satu per satu hal-hal yang berkaitan dengannya.
Tempat Produksi Kaos
Fyves.com memiliki tempat produksi di Romania tepatnya di lokasi kota Baia Mare. Tak diketahui apakah rumah produksinya hanya berupa homemade ataukah mereka memiliki pabrik dengan begitu banyak karyawan, namun yang pasti ditinjau dari volume produksi situs dropship ini masih kalah jauh dibandingkan dengan Udidu.com. Jika anda memesan kaos dari Fyves maka nantinya kaos tersebut akan dikirimkan dari kantor pos di Baia Mare. Jadi jika anda menggunakan dropship ini, jangan lupa setting item location-nya ubah menjadi Baia Mare, Romania.
Kualitas Kaos
Sejauh pengalaman saya, kaos yang diproduksi oleh Fyves bagus, dan lebih banyak buyer yang suka daripada yang tidak. Menurut keterangan resmi dari Fyves mereka menggunakan kaos polos dari salah satu merek terkenal di Eropa yaitu Fruit of The Loom, kualitasnya tak diragukan lagi oleh orang Eropa terutama Eropa Barat namun bagi buyer dari Amerika Serikat kadang ada yang kurang pas walaupun kebanyakan mereka senang, karena buyer yang kurang suka mungkin telah terbiasa memakai kaos yang bermerek Gildan. Namun, melihat respon dari para buyer atau pembeli sepertinya beda antara Fruit of The Loom dengan Gildan amatlah sedikit.
Waktu Pengerjaan Kaos dan Lamanya Pengiriman
Proses pembuatan kaos, pengepakan, dan pengantaran ke kantor pos sekitar 3 hari. Dan Fyves libur di hari Sabtu dan Ahad. Jadi, jika anda pesan hari sabtu maka mulai pengerjaan akan dilakukan pada hari seninnya. Pengetahuan ini diperlukan dan wajib dicantumkan dalam deskripsi item di eBay di bagian shipping term. Setelah barang dimasukkan ke kantor pos di Baia Mare maka setelah itu barang dikirim dari Romania ke tujuan. Karena buyer saya kebanyakan dari Eropa terutama Inggris dan Amerika Serikat maka sekedar catatan bahwa waktu pengiriman ke Eropa Barat seperti Inggris amat cepat, sedangkan untuk ke Amerika Serikat kadang cepat tapi seringnya lambat bahkan lebih dari 20 hari. Menurut pengamatan saya hal ini dikarenakan adanya waktu transit di USPS New York sampai beberapa hari sehingga menyebabkan waktu pengiriman menjadi lama.
Registrasi di Fyves
Menjadi anggota di Fyves amat mudah, anda tinggal kunjungi http://fyves.com/register lalu isikan permintaan data-datanya. Biasanya anda akan mendapatkan email konfirmasi dari Fyves. Untuk menjadi anggota tidak dikenai biaya dan anda tak akan dikenai biaya bulanan. Tak ada tawaran menjadi reseller jadi tak ada potongan harga.
Itulah sedikit informasi mengenai Fyves.com. Sebenarnya saya menulis postingan ini sedikit banyak juga terinspirasi dari beberapa forum yang bertanya "Fyves.com legit or not" yang intinya menanyakan apakah Fyves legit (bagus) ataukah tidak (scam). Maka sejauh pengalaman saya saat ini, Fyves adalah dropship terbaik untuk pasar Eropa dan saya akui Fyves kurang baik di pasar Amerika Serikat karena kendala lambatnya waktu pengiriman. Untuk perbandingan mengenai tiga situs dropship terbesar mungkin alangkah baiknya jika dibuat posting khusus. Insyaa Allah. Baik demikian sekelumit sharing saya, semoga bermanfaat. Terima kasih.

2 comments:

Anindita said...

Salam kenal... Saya tertarik juga dgn sistem ini. Mengingat kita ada di Indo. Tp apakah benar bisnis dropship ini bisa jalan di ebay. karena ada beberapa pendapat mengatakan sulit sekali menjual brg dropship dngan harga yang bersaing.
Sepertinya Udidu.com ini sama dengan designselling.com yg ada thn 2010 ya ?
Apakah Udidu masih mengalami kendala seperti di thn - thn sebelumnya yg menyebabkan keterlambatan kirim / suspend di ebay ? seperti yg dibahas berikut ini :
http://forum-ebay-indonesia.2288916.n4.nabble.com/Review-Singkat-Perjalanan-Bisnis-Ebay-Warga-Indonesia-td3440911.html
Dan paypal menahan uang kita sd 21 hari sedangkan kita harus membayar ke dropshipper, jadi kita tetap harus keluar modal dulu ?
Mohon pencerahannya.
Terimakasih banyak

Unknown said...

@Anindita:
1.Apakah sulit menjual barang dropship dengan harga yang bersaing? Jawabannya relatif: Jika kaos maka tidak sulit (jika menggunakan udidu), namun jika barang lain seperti gadget jawabannya iya. Namun fungsi ebay juga bukan hanya untuk jualan saja mbak. Ada yang lebih dari itu yang insyaa Allah akan saya posting ke depan.
2. Apakah udidu sama dengan designselling 2010?
Jawabannya: ya, sama-sama turunan artsnow.com
3. Kendala udidu adalah tak adanya tracking number dan ketika mulai ikut anda harus deposit dulu alias tidak bisa menggunakan secara langsung dengan paypal. Lihat di link Review Udidu semoga membantu.
4.Paypal menahan uang 21 hari. Jawabannya, untuk ebayer atau seller pemula iya, seller pemula agar bisa menjual secara normal (tanpa paypal pending) harus menjual sebanyak 25 transaksi dengan masalah yang minim. Sehingga memang butuh modal dulu. Insyaa Allah ke depan akan saya buat tulisan tentang kendala ebay.