Tuesday, December 4, 2012

Pengertian Bisnis Online Dropship

Pada posting kali ini, saya ingin berbagi mengenai apa itu bisnis internet dropship. Ya, secara ringkasnya adalah kita menjualkan produk orang lain. Ada tiga pihak yang terlibat dalam bisnis model ini :
1. Buyer (Pembeli)
Pihak ini biasanya membeli barang dari dropshipper dengan cara bayar di muka, mereka mengetahui barang dari berbagai macam toko online maupun toko offline. Sebagai contoh, seorang dropshipper melisting (memasang) barang dagangannya di situs eBay kemudian buyer membeli barang tersebut, maka buyer langsung membayar kepada dropshipper sejumlah uang tertentu, biasanya kalau di eBay pembayarannya dalam mata uang US Dollar dengan media pembayaran Paypal.

2. Dropshipper
Dropshipper awalnya tidak memiliki barang dan dapat dipastikan barang tersebut tidak ada di rumahnya atau di toko offline-nya, namun, mereka memiliki relasi supplier barang tertentu yang memungkinkan dia bisa membeli secara online dengan menggunakan metode pembayaran tertentu. Dan cara inilah yang kemudian disebut dengan Dropshipping. Dropshipper membeli barang dari supplier kemudian supplier mengirim barang kepada buyer.
3. Supplier
Supplier merupakan pihak penyedia barang dan tugasnya adalah menerima pesanan dari dropshipper untuk kemudian mengirimkan barang pesanan tersebut kepada pembeli (buyer).
Jadi dari tiga pihak yang melakukan transaksi dropshipping di atas dapat dipahami bahwa alur bisnis online dropship secara ringkas adalah sebagai berikut :
"Pembeli membeli barang dari dropshipper lalu dropshipper membeli barang dari supplier kemudian supplier mengirim barang ke pembeli". Dari mana dropshipper mendapatkan untung jawabnya adalah dari selisih uang yang diterima dari buyer dengan uang yang harus dia bayarkan kepada supplier. Jika dropshipper menggunakan jasa eBay maka ada biaya lain yang harus dibayarkan oleh dropshipper seperti listing fee, final fee dan juga potongan oleh Paypal, sehingga margin keuntungan semakin kecil.
Itulah penjelasan mengenai pengertian bisnis online dropship. Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silakan komentar. Thanks.

No comments: