Monday, November 26, 2012

Beli Asesoris Mobil di Ebay

Pada artikel kali ini saya ingin sedikit berbagi bagaimana cara membeli asesoris mobil di Ebay sebagai sebuah situs toko online terbesar di dunia selain Amazon. Memang saya belum pernah melakukan transaksi asesoris mobil di eBay karena di samping saya tidak punya mobil, saya juga tidak memiliki bisnis jual beli asesoris mobil. Namun secara ringkas karena saya juga sudah pengalaman jual beli barang lain, sepertinya transaksi yang lainnya juga tak berbeda.

Begitu banyak yang bisa dibeli di situs toko online ini, seperti GPS mobil, freshener, tv atau monitor video dan lain sebagainya. Dan sepertinya produk-produk yang paling banyak membanjiri eBay adalah dari China seperti GPS car tracker misalnya mayoritas produk adalah dari negeri sutra ini. Memang dapat dilihat bahwa produk antara China dengan yang lain selisih harganya begitu jauh dengan kualitas yang tak kalah sehingga produk-produk ini begitu disukai oleh orang "bule" sekalipun.
Nah bagi anda yang mempunyai mobil entah itu bertipe Sport Utility Vehicle (SUV), Multi Purpose Vehicle (MPV), ataupun sedan dan membutuhkan asesoris mobil mungkin eBay bisa jadi alternatif berbelanja online. Apakah aman beli di eBay ? Begini, sebagai contoh jika anda memiliki mobil Fortuner SUV Terbaik yang terkesan gagah dan besar, dan butuh sebuah asesoris GpS tracker mobil dan ingin membelinya dari eBay maka tentu saja anda butuh alat atau metode pembayaran yang pas untuk melakukan transaksi dan eBay secara resmi telah mengumumkan bahwa media terbaik itu adalah Paypal. Jadi untuk membeli asesoris di eBay anda butuh memiliki akun Paypal dan tentu saja sebuah akun eBay buyer.
Berkaitan dengan aman tidaknya, sesungguhnya eBay telah memberikan kebijakan eBay Buyer Protection yang memproteksi buyer (pembeli-nya) dari dua hal yaitu item atau barang tak sesuai deskripsi serta barang tidak diterima. Jadi jika anda tidak puas dengan barang yang telah dibeli maka anda bisa melaporkan ke eBay setelah sebelumnya konsultasi dulu dengan penjualnya. Juga jika barang tidak sampai maka anda juga bisa membuka dispute atau permintaan uang kembali (full refund), namun untuk kasus ini biasanya anda akan kalah jika si penjual sudah menyiapkan tracking number dan biasanya barang anda hilang di jalan. Jadi secara umum membeli asesoris mobil di eBay merupakan hal yang aman. Yang anda butuhkan cuma buat akun paypal, buat akun ebay, dan beli dollar paypal di forum yang terpercaya seperti adsense-id setelah itu silakan bertransaksi dan tunggu barang mampir ke rumah anda. Jika barang itu seharga di bawah $50 maka aman dari biaya pajak, namun jika lebih, bersiaplah untuk membayar pajak.
Ya itu saja yang bisa saya share di posting kali ini, semoga bermanfaat. Terima Kasih.

No comments: