Saturday, May 17, 2014

Ngintip Seller Pemula Malaysia Jualan Produk Lokal Yuk!

Bisa dibilang begitu lamanya saya gak ngisi blog ini dikarenakan kesibukan yang memang lagi coba menekuni bisnis online lainnya, namun ternyata makin hari pengunjung blog ini tidak semakin turun tetapi malah semakin naik dan mayoritas membuka tak sekedar satu artikel saja yang dibaca namun beberapa artikel juga dibaca, artinya peminat blog ini ternyata ada juga. Oleh karena itulah, saya akan coba membuat artikel-artikel baru lainnya yang mungkin bisa memberikan manfaat bagi para ebayer pemula, dan mungkin bisa menjadi inspirasi atau sekedar hiburan dan pengetahuan agar nantinya dapat dengan baik menjalani bisnis di eBay.

Dalam tulisan ini mungkin saya tidak terlalu banyak membahas tips ataupun trik namun sedikit akan memberikan gambaran bagi pembaca sekalian bagaimana seorang seller pemula asal Malaysia bisa eksis dengan produk dari dalam negerinya sendiri bukan dari luar negeri seperti kebiasaan eBayer pemula di Indonesia. He..he..he.. Ok untuk mengerti jalan ceritanya silakan lihat gambar di bawah ini dulu ya.

 Di atas merupakan salah satu listing yang dibuat oleh seorang newbie asal malaysia dengan id eBay bernama fintex yang baru bergabung Desember 2013 artinya baru sekitar 5 atau 6 bulan ia bergabung dengan eBay. Listing dengan design BMW di atas bertipe bidding atau lelang dan ketika tulisan ini dibuat sudah ada 4 kali bids atau penawaran dengan harga tertinggi $24,50 atau Rp278.400,00. Wow....gitu lho.
Kenapa saya bilang wow... karena harga kaos seperti itu di Indonesia paling banter sekitar 80- 100 ribu rupiah bro jika itu merupakan handmade atau buatan sendiri, dan di Malaysia juga tak jauh harganya dengan Indonesia, coba googling saja berapa harga t-shirt di Malaysia. Artinya harga jual di Amerika Serikat 3 kali lipat dibandingkan harga jual di Indonesia, padahal untuk produksi satu kaos seperti ini di Indonesia paling butuh sekitar 50-60 ribuan. Atau berarti harga jual kaos di Amerika Serikat 4 kali lipat dibandingkan dengan biaya produksi sebuah kaos di Indonesia.
Dari gambar di atas amat jelas bahwa seller fintex mengenakan biaya free shipping padahal tentu saja ada ongkos kirim dari malaysia ke luar negeri. Berapa ongkos kirim ke luar negeri dengan jalur pos malaysia keluar negeri dalam amplop surat sekitar 240 gram? Jawabnya adalah RM 19,6 atau Rp69000,00. Dari mana perhitungannya bos? Lihat tulisan Cara Menghitung Ongkos Kirim dari Malaysia Ke Luar Negeri. Kembali ke topik, tentu saja jumlah ini jauh dibandingkan dengan ongkos kirim Indonesia ke luar negeri, coba baca tulisan saya Biaya Ongkos Kirim Ke Luar Negeri dari Indonesia selisih sekitar Rp28.000,00. Artinya apa? Jika diasumsikan harga kaos di Malaysia dengan di Indonesia sama maka keuntungan pedagang atau seller Malaysia adalah lebih banyak Rp28.000,00 dari seller Indonesia.
Lalu berapa untung seorang pedagang Malaysia yang mampu menjual dengan harga $24,50 seperti gambar di atas. Kira kira perhitungannya adalah sebagai berikut, biaya produksi kaos Rp60.000,00 + ongkos kirim Rp69000 + biaya ebay dan paypal fee $4,5 atau Rp50.000,00. Maka biaya modal total yang dikeluarkan adalah Rp179.000,00. Berarti untung Rp278.000,00 - Rp179.000,00 = Rp99.000,00 per kaos. Untuk orang Indonesia berarti sekitar Rp71.000,00. Saya pake kurs $1 USD = Rp11.000,00.

No comments: